Bagaimana Upaya Menaikkan Pendapatan Petani?

Loading...

Upaya Menaikkan Pendapatan Petani

Upaya Menaikkan Pendapatan Petani
Foto : ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
 Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan nilai tukar petani (NTP) nasional pada Mei 2016 mengalami kenaikan sebesar 0,32 persen menjadi 101,55 dari bulan sebelumnya sebesar 101,22. Kenaikan NTP dikarenakan indeks harga yang diterima petani naik sebesar 0,42 persen, lebih besar dari kanaikan indeks harga yang dibayar petani sebesar 0,10 persen. 
NTP diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib), dan merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani di pedesaan. Kenaikan NTP Mei 2016 tersebut dipengaruhi oleh kenaikan pada subsektor hortikultura sebesar 0,12 persen, subsektor tanaman perkebunan rakyat sebesar 1,06 persen, subsektor peternakan sebesar 0,30 persen dan subsektor perikanan sebesar 0,14 persen. Sementara untuk subsektor yang mengalami penurunan adalah subsektor tanaman pangan sebesar 0,02 persen. Dari 33 provinsi yang dilakukan perhitungan NTP, sebanyak 22 provinsi mengalami kenaikan sedangkan 11 lainnya mengalami penurunan. Pada Mei 2016, NTP Provinsi Kalimantan Barat mengalami kenaikan terbesar mencapai 1,13 persen dibandingkan kenaikan NTP provinsi lainnya. 
Kenaikan NTP juga mengindikasikan kesejahteraan petani sedikit mengalami perbaikan. Hal ini terdeteksi dari kenaikan harga gabah di tingkat petani sebesar 4,17 persen menjad 4.400 rupiah per kilogram (kg). Sedangkan pada tingkat penggilingan mencapai 4.527 rupiah per kg atau naik 4,23 persen. Artinya, jika harga gabah naik pendapatan petani bertambah. 
Jika mengacu pada data BPS tersebut maka kemungkinan besar, nilai tukar petani pada bulan berikutnya juga akan naik. Sebab, harga-harga produk petani juga sedang mengalami kenaikan, bahkan pemerintah harus melakukan impor untuk menjaga stabilitas harga. 
Pada sisi ini, kita sangat senang karena kesejahteraan petani meningkat. Setidaknya, untuk sementara ini petani Indonesia sedang menikmati hasil kerjanya. Denga kata lain, peningkatan upah petani yang juga berpengaruh kepada nilai tukar petani merupakan hal yang penting sebagai landasan guna meningkatkan tingkat kesejahteraan. 
Kesejahteraan bagi petani penting karena belajar dari lintasan sejahtera kerap terjadi peristiwa kerusuhan akibat upah yang rendah atau ketidakadilan yang berakibat kepada kelaparan yang diderita petani dan anggota keluarganya. Untuk itu, sudah selayaknya petani di beragam negeri dapat menjadi sejahtera dan di Indonesia, pengukuran itu antara lain adalah melalui nilai tukar petani. Karena petani sejahtera, maka negara memiliki tambahan imunitas terhadap masalah keamanan. 
Untuk itu, pemerintah sudah seharusnya memberikan dukungan kepada para petani dan meningkatkan kesejahteraan para petani. Dengan perhatian yang lebih maka petani akan lebih fokus menjalani profesinya sebagai petani dan tidak meninggalkannya. Kita tak ingin muncul anggapan, saat harga komoditas anjlok, pemerintah tidak membantu petani untuk menjaga agar stabil. Namun, saat harga tinggi, pemerintah langsung menurunkannya dengan operasi pasar. 
Konsistensi pemerintah berada di tengah-tengah petani sangat penting. Tujuanya, agar tidak membuat petani meninggalkan profesi yang digeluti. Sedangkan targetnya adalah meningkatkan produksi pertanian nasional. Intinya, pemerintah harus melahirkan petani muda dan memberikan berbagai insentif untuk mendorong kegiatan pertanian dan peternakan yang berujung pada peningkatan produksi komoditas. 
Terpenting lagi adalah, mensejahterakan petani bukan hanya tentang meningkatkan pendapatan sekelompok masyarakat. Namun petani adalah salah satu elemen penting dalam mata rantai kedaulatan pangan. Jika pemerintah mampu menciptakan sebuah kebijakan yang mendorong perbaikan kehidupan petani, maka produktivitas pertanian akan meningkat. Dengan demikian, kapasitas produksi akan mampu mengimbangi laju kebutuhan pangan penduduk. Kini, teknologi sudah tersedia, saatnya bagi seluruh elemen bangsa bekerja bersama-sama untuk memperbaiki wajah pertanian nasional. 
Sumber : http://www.koran-jakarta.com/upaya-menaikkan-pendapatan-petani/

Artikel Terkait