Bayam Bukan Hanya Sebagai Sayuran Saja… Berikut Khasiat Bayam untuk Kesehatan Kita…

Loading...

Khasiat Bayam untuk Kesehatan - Bayam, siapa yang tidak kėnal dėngan sayuran yang mėnjadi makanan favorit salah satu tokoh kartun Popėyė ini? Sayuran hijau ini bukan hanya dapat dijadikan campuran dalam sėtiap masakan, tėtapi manfaatnya untuk kėsėhatan dan sėbagai pėnyėmbuhan pėnyakit juga sangat luar biasa. Mari simak sajian lėngkapnya bėrikut ini.
Khasiat Bayam untuk Kesehatan
Khasiat Bayam untuk Kesehatan

Khasiat Bayam untuk Kesehatan
Bayam sayuran yang berdaun hijau ini dalam bahasa Persia berarti merupakan 'tangan hijau' adalah salah satu sayuran terbaik yang memiliki banyak sekali manfaat bayam untuk kesehatan tubuh dan nilai gizinya juga sudah teruji secara ilmiah.

Setiap 100 gram bayam terkandunga 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan kandungan vitamin, yaitu : vitamin A, C, niasin, Thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Tidak hanya kandungan mineral dan vitamin saja, sayuran bayam ini juga mmeiliki kandungan antioksidan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat bayam untuk kesehatan, seperti yang dikutip dari healthonlinezine.

1. Melawan Sel Kanker
Khasiat Bayam untuk Kesehatan yang pertama akan kita bahas adalah kemampuannya yang luar biasa untuk melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam sayuran bayam ini mampu menurunkan resiko kanker sebesar 34%, terutama kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit, dan kanker perut.

2. Sumber Anti-Inflamasi
Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif yang tepat untuk penderita penyakit inflamasi, seperti keluhan rheumatoid arthritis atau penyakit rematik dan osteoarthritis.

3. Mengurangi Resiko Kardiovaskular
Bayam adalah sayuran yang menjadi sumber folat yang biak, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah dapat mengakibatkan tingginya resiko penyakit jantung. Bayam memiliki peran yang aktif dalam memcegah hal ini terjadi. Selain itu, bayam juga mengandung Choline dan inositol yang mampu membantu mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi. Selain itu, folat yang terkandung dalam sayuran bayam ini juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan mengatasi penyakit darah tinggi, melemaskan pembuluh darah, sehingga dengan demikian proses sirkulasi atau peredaran darahpun menjadi lancar dan stabil. 

5. Mencegah penyakit osteoporosis
Bayam dapat digunakan sebagai obat tradisional penyakit osteoporosis. Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutuhan nilai harian akan vitamin K. Vitamin inilah yang memiliki peranan penting dalam pencegahan pengeroposan tulang atau penyakit osteoporosis. Selain itu, kandungan magnesium, seng, tembaga, dan fosfor dalam bayam juga dapat membantu menguatkan tulang. Bagi anda yang menginginkan tulang yang sehat dan kuat, tidak ada salahnya jika anda mulai memasukan sayuran bayam ke dalam menu makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

6. Mencegah Diabetes
Ramuan herbal untuk sembuhkan diabetes yang kita kenal salah satunya adalah Pare. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata sayuran bayam ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh yang begitu luar biasa, yaitu dapat mencegah penyakit diabetes. Kandungan magnesium dalam bayam dapat mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Mengkonsumsi rutin bayam mampu menstabilkan gula darah dan mencegah dari befluktuasi terlalu banyak.

7. Mencegah Penyakit Anemia
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa bayam merupakan sayuran yang kaya akan zat besi dan sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Zat besi dapat membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang bertugas membawa oksigen ke selurun bagian tubuh.

8. Meningkatkan kualitas penglihatan
Bayam adalah sumber lutein, karetoneid yang dikenal dapat membantu melindungi mata dari penyakit katarak. Bayam kaya akan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

9. Mengobati pendarahan gusi
Campuran bayam dan jus wortel sangat membantu mengatasi gusi berdarah yang disebabkan oleh kurangnya vitamin C dan asupan gula halus yang terlalu banyak.

Itulah sajian Khasiat Bayam untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk dijadikan sebagai langkah peningkatan kesehatan tubuh dan menjadi salah satu alternatif pengobatan keluhan penyakit yang sedang dikeluhkan. Selamat mencoba..


Artikel Terkait