Cara Membuat Racun Rumput/Herbisida Sistemik dan Kontak Buatan Sendiri Homemade

Loading...

Membuat Racun Rumput Buatan Sendiri, Gampang kok caranya... ikuti cara-cara di bawah ini.


Cara Membuat HERBISIDA (Racun Rumput) Olahan Sendiri
Ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dalam merawat perkebunan sawit yang luasnya 5 hektar kebetulan tanaman belum menghasilkan dan kewalahan mengatasi gulma atau rumput di sekitar lahan sawit. Image result for membuat herbisida sistemik

Sejak melambungnya harga herbisida atau racun rumput petani merasa sangat tidak diuntungkan sedangkan harga jual hasil panen tidak sesuai dengan yang diharapkan. Subsidi pun tidak begitu merata dan cendrung susah mencari barang.

CARA MEMBUAT RACUN RUMPUT RACIKAN DARI PENGALAMAN PETANI
Membuat Racun Rumput Menjadi sederhana dan mudah untuk persiapan, bahan-bahan yang mudah diakses, Murah, Aman, Alami, Praktis, Berkualitas, Murah Meriah dan Ekonomis.                            

Memperbanyak Herbisida Sendiri Jauh Lebih Murah, Keampuhannya, Keampuhannya Sama dengan Aslinya

 

Pada musim penghujan biasanya para petani sering kewalahan mengatasi gulma (Rumput Liar), yang cepat sekali tumbuh, karena gulma sangat menganggu tanaman pokok, sehinga petani mengunakan herbisida untuk mengatasi gulma. Seringkali mereka kewalahan mengatasi rumput yang menutupi area Perkebunan dan Persawahan.                                                                                                                                                        
Tetapi sekarang harga herbisida yg melambung, membuat petani jadi tambah berat biaya tanamnya. Untuk petani harus bisa mengakalinya.                                                                                                          
Berikut ini akan saya uraikan memperbanyak herbisida sendiri, sehingga biaya produksi bisa di turunkan. Tetapi keampuahanya masih sama dengan herbisida asli.
Penulis Oleh : Dian Kusumanto
Penulis menyajikan beberapa pengalaman petani untuk membuat atau meramu sendiri racun rumput yang murah tetapi tetap berdaya guna.
Ada 3 resep yang disajikan yaitu Gus Bensol 11, Alur G 12 dan Hervit Top 13.

Nama-nama itu dibuat oleh penulis agar mudah diingat, karena susunan hurufnya adalah singkatan dari unsur-unsur bahan racikanpembuatan racun rumput hasil rekayasa petaninya.

1. RESEP 5in1 (Five in One) alias GUS BenSol 11
Rumus: Gus Bensol 11, disebut demikian karena bahan untuk meramu racun rumput ini terdiri dari : G (garam), U (Urea), S (Sabun Colek atau Serbuk), Ben (Bensin) dan Sol (Solar). Kemudian angka 11, artinya semua bahan dengan perbandingan 1 (Kg) : 1 (Kg) : 1 (Wadah) : 1 (Liter) : 1 (Liter).                                               

Racun Rumput yang bersifat kontak ini dibuat petani jika sudah kepepet karena tidak punya uang cukup untuk membeli herbisida atau pada saat stok herbisida kosong tetapi rumput sudah tiba saatnya harus dibasmi. Penulis mendapatkan resep ini dari Pak Mo di Jalan Sungai Lemo Sedadap Nunukan Selatan.

Resep ini bisa saja diberi nama Racun Rumput FiO, atau Racun Rumput GUS BenSol 11. FiO artinya Five in One, sedangkan Gus Bensol maksudnya Garam Urea Sabun serbuk Bensin dan Solar. Mungkin nama yang enak didengar adalah Racun Rumput GUS BenSol 11, biar keren dan mudah terkenal. Bagaimana?

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Bensin 1 liter
2. Solar 1 liter
3. Garam 1 kg
4. 
Pupuk Urea 1 kg
5. Sabun 
Colek/ Serbuk 1 kg

Cara membuat:
Semua bahan-bahan di campur satu persatu, mulai dari bensin dan solar dalam satu wadah.
Pada wadah yang lain kemudian garam dan pupuk urea serta sabun serbuk dicampur.
Wadah satu yang berisi campuran bensin dan solar dicampurkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk dituangkan pada wadah kedua yang berisi campuran garam, pupuk urea dan sabun colek/ serbuk.

Pengadukan dilakukan terus-menerus sampai campuran tadi menjadi larutan yang menyatu.
Bahan racun rumput (FiO) Five in One alias GUS Bensol 11 siap digunakan.

Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari nyala api, karena bahan ini mudah terbakar.

Cara Penggunaan:
Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput FiO Gus Bensol 11 ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).

2. RESEP 3in1 (Three in One) 
alias OTiO 12 atau Alur G 12

AlUr G 12, Resep ini sebenarnya untuk menghemat herbisida yang harganya sangat mahal.


Rumus: Disebut Racun Rumput OTiO 12 alias Alur G 12, hanya untukmemudahkan mengingat bahwa inilah cara petani untuk membuat pengenceran racun rumput 1 liter menjadi 12 liter dengan efek racun yang hampir sama. Untuk memperbanyak Racun Rumput buatan pabrik yang akan digunakan.        
                                                                                                                   
Alur G 12, terbuat dari Al (Air Laut) 12 liter, Ur (Urea) 2 kg dan G (G***salah satu nama Herbisida kontak) sebanyak 1 liter. Semua bahan dicampur dan kemudian dimasak hingga mendidih.                                                                               

Resep ini sebenarnya untuk menghemat herbisida yang harganya sangat mahal, untuk diperbanyak dari 1 liter menjadi 12 liter agar biaya dalam pembasmian rumput ini menjadi murah bagi petaninya.

Sebenarnya resep ini diperolehdipraktekkan dan Pengalaman dari seorang Petani di Kampung Sei Jepun Nunukan Selatan, bernama Bapak Mustafa (43) ini diperoleh saat dia bekerja di perkebunan Kelapa Sawit di Lahat Dato Sabah Malaysia. Sepulangnya dari ‘makan gaji’ di Malaysia Pak Mustafa selalu mempraktekkannya untuk lahan Jagungnya di Sei Jepun seluas sekitar 4 hektar. 

Resep ini pun sudah diminta ijinnya untuk disebarluaskan kepada para petani dimana saja berada, khususnya yang sempat membaca tulisan ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1• Racun Rumput Buatan Pabrik (berbagai merek atau G***) 1 liter
2• Air Laut 12 liter
3• Pupuk Urea 2 kg

Cara membuat:
• Semua bahan-bahan di campur satu persatu ke dalam wadah terbuat dari Alumunium atau yang berbahan tembikar dari tanah liat dengan sambil terus diaduk-aduk.
• Bahan-bahan larutan pengenceran racun rumput dengan air laut dan pupuk urea dalam wadah kuali itu kemudian dipanaskan di atas kompor atau tungku kayu bakar.
• Pengadukan dilakukan terus-menerus sampai campuran tadi menjadi larutan yang menyatu sambil terus dipanaskan sampai mendidih. Pengadukan diusahakan jangan tepat di atas wadah agar uapnya tidak terhirup oleh si Pengaduk.
• Bahan racun rumput OTiO 12 (Oplosan Three in One) siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Penggunaan:
Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput OTiO 12 alias Alur G 12 ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).

3. RESEP 3in1 (Three in One) 
alias OTiO 13 atau Hervit Top 13

Rumus: Hervit Top 13, berbahan Her (herbisida) 1 liter, Vit (Vitsin) 250 gram atau satu kantong dan Top (Toak Pahit) sebanyak 3 liter.                                 
                                                                                                                   
Disebut Racun Rumput OTiO 13 alias Hervit Top 13, hanya untuk memudahkan mengingat bahwa inilah cara petani untuk membuat pengenceran racun rumput 1 liter menjadi 3 liter dengan efek racun yang hampir sama.                             

Semua bahan dicampur dan bisa digunakan langsung sebagai mana biasanya.

Pengalaman dari seorang Petani di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat. Resep ini dicatat dari temuan Pak Asri Aziz (33) seorang PPL Sebatik Barat ini diperoleh saat dia bekerja di sawah dan kebun Kakaonya sendiri.
Dari beberapa petani binaannya yang sudah terbiasa menggunakan Racun Rumputdari temuan Pak Asri Aziz.

Menurut petani sebenarnya dulu resepnya hanya menggunakan Vitsin dan Toak Pahit saja, namun kemudian petani ingin lebih menguatkan efeknya dengan menambahkan herbisida.

Pada saat penulis mengikuti Pekan Daerah KTNA di Kota Tenggarong, sempat bertemu beberapa petani dari Bengalon Kutai Timur Kalimantan Timur, yaitu Pak Saifuddin, Pak Gioto dan Pak Ismail.

Resep ini pun sudah diminta ijinnya untuk disebarluaskan kepada para petani dimana saja berada, khususnya yang sempat membaca tulisan ini.

Disebut Hervit Top 13 karena bahannya adalah Vitsin (Vit) 250 gram dan Toak Pahit (ToP) sebanyak 3 liter, untuk memperbanyak Racun Rumput buatan pabrik sebanyak 1 liter menjadi 3 liter.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1• Racun Rumput Buatan Pabrik (berbagai merek atau G***) 1 liter
2• Toak Pahit 3 liter
3• Vitsin (Bumbu Penyedap Masakan) 250 gram

Cara membuat:
• Semua bahan-bahan di campur satu persatu ke dalam wadah terbuat dari Plastik atau yang berbahan tembikar dari tanah liat dengan sambil terus diaduk-aduk.
• Bahan-bahan larutan pengenceran racun rumput dengan Toak Pahit dan Vitsin dalam wadah kuali itu kemudian diaduk-aduk.
• Pengadukan diusahakan jangan tepat di atas wadah agar uapnya tidak terhirup oleh si Pengaduk.
• Bahan racun rumput OTiO 13 (Hervit Top 13) siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Penggunaan:
Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput OTiO 13 alias Hervit Top 13 ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).


4. RESEP 4in1 (Four in One) alias Heragur AH5

Rumus: Heragur AH5, maksudnya Her (herbisida), Rag (Ragi Tape), Ur (Urea) dan AH (Air Hujan) serta 5 maksudnya menjadi 5 liter.                       
                                                                                                    
Racun rumput ini agar mudah mengingat bahan pembuatnya maka disebut  sebagai Heragur AH5.                                                                    

Bahan-bahan yang diperlukan:
Ragi Tape 1 kantong (500 Gram)
Pupuk Urea 1Kg
Herbisida (R***) 1 liter
Air Hujan 5 liter

Dari Bengalon Kutai Timur ini sudah biasa menggunakan resep untuk memperbanyak racun rumput, khususnya yang bersifat sistemik (yaitu R***). Resep dari Bengalon ini berbahan Ragi, Urea, Air Hujan dan Herbisida dengan perbandingan Ragi Tape (1 kantong), Urea (1 kg), Herbisida (R***) 1 liter dan Air Hujan sampai dengan 5 liter.

Semua bahan dicampur dan diaduk sampai merata kemudian diperam dalam wadah yang kedap sinar dan disimpan selama 1 minggu. 

Cara membuat:
Campur semua bahan di dalam ember.
Lalu aduk sampai merata.
Setelah di aduk pindahkan kedalam jerigen lalu tutup rapat.
Simpan selama 7-14 hari supaya fermentasi sempurna.
Selama fermentasi berlangsung.
Jauhkan dari jangkauan sinar matahari secara langsung dan anak-anak.

Cara pemakaian:
Gunakan 80-100 cc untuk 11-15 liter.

Hikmah berkumpul dengan petani peserta Peda dan Rembug KTNA yang lain lagi adalah pengalaman petani dari Sebatik, yaitu Pak H. Alimuddin Ketua Kelompok Tani Sinar 2000.

5. RESEP 5in1 (Five in One) alias Arkosur H 515

Agar memudahkan mengingat maka penulis member nama resep ini dengan Arkosur H 515, maksudnya Arko (Air Kakao), S (Sabun Colek), Ur (Urea), H (Herbisida) dan 515 (5 liter herbisida dibandingkan 15 liter air kakao).

Bahan-bahan yang diperlukan:
Air Fermentasi Kakao 15 Liter
Sabun Colek ½ Kg
Pupuk Urea 1 Kg
Herbisida  Roundup/Gromoxone (R/G***) 5 liter
Air Biasa 1 Liter

Ada resep racun rumput yang berbahan Air Fermentasi Kakao atau sering disebut Air Kakao, Sabun Colek, Pupuk Urea dan Herbisida kontak (seperti G***). Cara dan resepnya yaitu, memasak air biasa yang dicampur sabun colek (setengah kg) sambil terus diaduk sampai rata atau larut dan mendidih. 

Setelah itu dicampurkan bahan-bahan lain seperi Pupuk Urea (1 kg), Herbisida (G*** 5 liter) dan Air Kakao (15 liter) dan diaduk hingga merata.

Cara membuat:
Rebus sabun colek dengan 1 liter air sampai mendidih.
Lalu angkat dan dinginkan.
Setelah itu campur semua bahan menjadi satu dan aduk sampai merata.

Cara pemakaian:
2 gelas atau ±180-190 cc untuk 15 liter air.

Penggunaan racun rumput oplosan ini adalah sebanyak 200 ml untuk satu tangki Sprayer 16 literan. Biasa digunakan sebagai racun rumput kontak untuk sawah. 


Kelemahan racun rumput ini adalah jika digunakan dengan Sprayer berbahan logam akan mudah korosi atau berkarat.

6. Tip Cara Membuat Racun Rumput Racikan Buatan Sendiri

Berikut ini akan saya uraikan memperbanyak herbisida sendiri, sehingga biaya produksi bisa di turunkan. Tetapi keampuahanya masih sama dengan herbisida asli.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. 1 liter Herbisida merk Roundup/ Gromoxone
2. 2 liter Air Kelapa
3. 60 gram Derterjen merk apa saja
4. 25 butir Ragi Tape
5. ½ kg Pupuk ZA
6. ¼ kg Garam

Cara membuatnya:
1. Ambil ember atau apa saja untuk wadah mencampur
2. Masukan air kelapa dalam ember
3. Masukan ragi & pupuk ZA trus aduk sampai tercampur rata
4. Masukan juga detergen sambil trus diaduk
5. Terakhir masukan herbisida sambil trus di aduk
6. Aduk lagi sampai semua bahan agar benar-benar tercampur sampai merata.
7. Bila sudah tercampur rata trus langsung dimasukan dalam Botol/ Deregan 
diamkan selama 12 Jam dan siap digunakan

Dengan catatan: tidak boleh mencampur dua merk herbisida jadi satu
Cara mengunakanya sama seperti pemakaian herbisida biasanya.

Tips gratis membuat pestisida organik sendiri
Ini pengalamanku dalam membuat pestisida organik sendiri. Berawal dari harga pupuk dan pestisida yang kian hari kian mahal, membuat kami sekelompok petani di desa Tlogopayung, kec. Plantungan, Kab. Kendal merasa berat dan penat mengadakan modal untuk berusaha tani. Bagaimana tidak ? Kami merupakan petani kecil dengan modal pas-pasan sehingga agak susah untuk menambah modal dalam bertani, mau makan aja susah sehari-hari…hehe…

7. Tip Cara Membuat Racun Rumput Racikan Buatan Sendiri

Nah, akhirnya dengan kondisi yang “kepepet” itulah saya mencoba membuat pestisida organik sendiri. Bahan-bahan untuk membuat pestisida ini kami cari dari bahan-bahan yang murah dan mudah kami temui di lingkungan desa kami.

Bahan-bahan tersebut adalah:
1. Kulit Jengkol
2. Umbi Gadung
3. Akar Tuba, kalau di desa kami namanya Akar Jenu
4. Daun Pepaya
5. Daun Sengon
6. Umbi Temu Ireng
7. Daun Mindri (nama tanaman di desa kami namanya “Mindi”)
Langkah pembuatan:
1. semua bahan² diatas masing
² berjumlah 1-2 kg kemudian ditumbuk satu demi satu sampai halus dan kemudian dicampur.
2. setelah ditumbuk hingga agak halus, kemudian dicampur dengan air bersih kira-kira 5 liter. Ada juga yang menyarankan agar campuran ini kemudian ditambahi 1 sdm Rinso/sabun detergen lain (tapi saya tidak melakukan hal ini).
3. campuran diatas kemudian diperam dalam sebuah wadah tertutup kira-kira 2-3 hari sehingga proses fermentasi berlangsung sempurna.
4. setelah 2-3 hari, jadilah biang obat. Kemudian peras dan saring. Biang obat sudah jadi.
5. untuk aplikasi : campurkan 1 liter biang obat kedalam 4-5 liter air bersih, kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena hama
Pengalaman saya, pestisida organik ini efektif untuk mengusir belalang, semut, ulat dan serangga² kecil lain. Untuk aplikasi yang efektif, penyemprotan bisa dilakukan 3 hari sekali.

Pada musim hujan, sewaktu mencampur obat bisa ditambahkan sedikit perekat. Oya, pestisida organik ini menurut saya juga sekaligus sebagai pupuk organik cair.

Mari majukan pertanian organik !!! 

Silakan bagi rekan dan teman yang ingin menambahi. 
Kita sharing ilmu yang bermanfaat

8. Tip Cara Membuat Racun Rumput Racikan Buatan Sendiri

HERBISIDA ALAMI (obat rumput murah)

Bahan-bahan yang diperlukan: 

Jerigen ukuran 10 Liter
Air Kelapa 5 Liter
Ragi 20 – 30 butir
Bawang Putih 300 gr (di tumbuk halus)
Roundap 1 Liter
Cara Pembuatan:
Bahan dicampur dan dimasukan kedalam jerigen. Simpan selama 30 hari. Setiap 2 hari tutup jerigen dibuka untuk mengeluarkan gas.

9. Tip Cara Membuat Racun Rumput Racikan Buatan Sendiri

CARA MEMBUAT HERBISIDA (Racun Rumput) Sendiri
Herbisida di kenal sebagai cara pembasmi rumput dan anak kayu.
Herbisida juga sangat berperan besar dalam membantu petani dalam proses berladang.
Herbisida buatan dibawah ini hanya bertujuan untuk menekan biaya berladang.
Karena harga herbisida semakin lama semakin tinggi.
Hanya dengan cara ini bisa sedikit menghemat.
Herbisida buatan bisa di gandakan menjadi 10-24 liter atau lebih.
Di bawah ini adalah resep yang paling umum digunakan.

Bahan-bahan yang diperlukan:
• Air  4 liter
• Garam  2 kg
• Cuka 80%   2 botol
• Belerang  3 ons

Cara membuat:
Rebus semua bahan kecuali cuka sampai mendidih.
Lalu angkat dan tunggu sampai dingin.
Setelah dingin campurkan cuka  dan di aduk sampai merata.
Kemudian disimpan dalam jerigen.

Cara pemakaian:
2 gelas herbisida untuk 1 tangki 10-15liter.
Setelah 2 hari penyemprotan gulma baru terlihat mulai mati.
Jika ingin mengoplos herbisida alami diatas.
Bisa  dioploskan dengan roundup atau sejenisnya dengan takaran
1 liter roundup 4 liter herbisida diatas.

Cara pemakaian:
1-2 gelas untuk 11-15 liter.
Setelah 1-2 hari penyemprotan gulma baru terlihat mulai mati.

10. Tip Cara Membuat Racun Rumput Racikan Buatan Sendiri

Bahan Membuat Herbisida Sendiri
Dari pengalaman saya, membuat racun rumput buatan sendiri, Andapun bisa membuatnya jika dana Anda sangat terbatas untuk mengatasi gulma dilahan pertanian dan perkebunan. Berikut cara membuat racun rumput buatan sendiri;
Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Air 10 liter
2. Garam 2 pak
3. Pupuk Urea 3 KG
4. Harbisida buatan pabrik 2 liter (1 liter herbisida kontak dan 1 liter herbisida sistemik) seperti Round Up dan Gramoxon, 
Atau salah satu yang dipakai Satu merek saja, Tergantung rumput atau gulma (kalau gulama berdaun sempit seperti ilalang, gunakan dua liter herbisida sistemik tanpa herbisida kontak)

Cara Membuat Herbisida:
Masukkan air 10 liter ke wadah alumunium untuk dimasak kemudian masukkan urea dan garam diaduk sampai urea dan garam mencair kemudian masukkan 2 liter herbisida pabrik tadi setelah mendidih, diamkan sampai dingin setelah itu masukkan ke jiregen dan siap untuk dibawa ke lahan perkebunan dan pertanian. Herbisida buatan ini harus ditutup rapat, meskipun tidak dipakai, agar bisa digunakan lain waktu.


Cara Menyemprot Herbisida:
Untuk cara penyemprotannya gunakan semprot spriyer "SOLO" dengan dosis 100cc untuk ukuran per tangki spriyer. Usahakan dalam menyemprot lahan yang bergulma, harus basah kena semprot agar cepat herbisisda membasmi gulma. Jangan menyemprot diwaktu gerimis atau hujan, ini tidak akan berfungsi seperti yang diharapakan. Sangat mudah kan??
?

Catatan:
Gunakan Masker, Sarung Tangan Karet, Kaca Mata untuk Mengaduk Pengolahan Bahan² Oplosan untuk Mencegah Resiko, Pengamanan, Keselamatan dan Kesehatan.
Bahan² sebaiknya di Haluskan/ di Tumbuk terlebih dahulu sebelum di campur pada pengolahan agar mudah larut nantinya.

Contohnya: Ragi Jangan sampai gumpalan dan kasar.
Karena gumpalan atau endapan dapat menyumbat jalannya sprayer yang kita gunakan menyiang gulma. Perlu Penyaringan setelah Olahan Oplosan selesai dan semua sudah di kemas di botol, dan siap pakai. 

Simpan dan Jauhkan dari jangkauan anak anak.

Resep-resep ini adalah karya dari petani yang cukup kreatif untuk mengatasi keterbatasannya tetapi terus berusaha tani dengan biaya yang lebih hemat . Ini adalah bukti dari kearifan local para petani menghadapi keadaan semakin mahal dan langkanya racun rumput di pasaran. Harapannya agar resep-resep ini dapat menjadi referensi bagi petani yang lain. Meskipun ini bukan anjuran teknologi yang paten dan diakui oleh Pemerintah, tetapi silakan saja dicoba untuk kalangan petani sendiri dan kalau perlu dikembangkan dengan resep-resep yang lainnya.

Memperbanyak herbisida sendiri Pada musim hujan para petani sering kewalahan mengatasi gulma(rumput liar), Karena gulma sangat menganggu tanaman pokok, sehinga petani mengunakan herbisida untuk mengatasi gulma. Tetapi sekarang harga herbisida yg melambung, membuat petani jadi tambah berat biaya tanamnya. Untuk petani harus bisa mengakalinya.

Barangkali Anda juga punya resep yang sama ampuhnya dengan resep di atas. Atau bahkan lebih hebat? Maka jangan malu-malu atau ragu-ragu untuk saling berbagi, agar petani kita lebih makmur dan sejahtera. Sudah waktunya kita membela dan membantu para Petani agar bisa meminimalkan biaya-biaya usaha taninya dan Membantu Keuangan demi Mensejahtrakan mereka. Jangan selalu kita memeras petani dengan bisnis yang mengandung pembodohan terstruktur sekaligus merusak tatanan kelestarian alam.  


Link dan Share untuk Pencerahan yang Lain.

Semoga semua Saudara² ku selalu Sehat Wall’afiat dan Sukses.
Semoga Bermanfaat untuk Kita semua Sobat.
Semoga Kita Selalu Sehat Wallafi'at.

Semoga Bermanfaat Sobat.
Salam Rahayu...

Sumber:
Pertanian Organik
http://www.imuzcorner.net/2013/10/racun-rumput-herbisida-buatan-sendiri.html
http://djonliem.blogspot.co.id/2016/04/cara-membuat-racun-rumput-buatan-sendiri.html

Artikel Terkait