Kurma Pohon Terbaik Di Bumi Mulai Berkembang di Rohul - Riau

Loading...

Pengembangan perkebunan kurma yang dilakukan sejak beberapa bulan terakhir di Rokan Hulu, Riau, mulai memperlihatkan hasil. Walau masih dikembangkan secara terbatas oleh beberapa orang, namun hasilnya terlihat nyata dan menjanjikan.

Pohon Kurma Yang DIkembangkan Di Rohul Mulai Menghasilkan
Berawal dari prakarsa Institut Sains Al-Quran (ISQ) Syekh Ibrahim Rokan Hulu dan didukung oleh Pemkab Rohul, pemasyarakatan pohon kurma mulai gencar sebagai komoditi alternatif lain diluar Sawit dan karet.
Bahkan, untuk keperluan itu sesuai namanya sebagai perguruan tinggi kajian sains, ISQ Syekh Ibrahim mengirim tenaga khusus untuk study banding dan mempelajari perkebunan kurma terbesar di Thailand yang sudah berhasil mengembangkan pohon Padang Pasir di Timur Tengah tersebut.
ISQ juga menggelar seminar khusus dengan mendatangkan pemilik perkebunan Thailand, Mr.  Sak Lamjuan sebagai Narasumber dan Komar Karim, Ketua Umum Badan Kesejahteraan Masjid Agung AN-Nur Pekanbaru.
Menurut Rektor ISQ Syekh Ibrahim DR.H.Mustafa Umar, Lc,MA, di dalam Al-quran pohon kurma disebutkan, sebagai pohon terbaik dari tanaman yang ada di bumi. Dari isyarat Allah dalam Al-quran tersebut, tanaman kurma menyimpan rahasia dan keistimewaan yang perlu dikaji dengan ilmu pengatahuan.
“Kita kembangkan kurma di Rokan Hulu, karena karakteristik tanah dan iklim daerah ini sama dengan Thailand, makanya kita bekerjasama dengan pemilik perkebunan Kurma terbesar di Negara Thailand, Mr Sak Lamjuan, yang sudah berhasil kembangkan tanaman kurma di negaranya yang sudah lakukan penelitian tanaman Kurma selama 18 tahun,” kata Mustafa.
Disebutkannya, untuk langkah awal pengembangan tanaman kurma itu, pihaknya sudah mengembangkan 30 batang pohon kurma diatas tanah seluas satu hektar di belakang kampus ISQ Syekh Ibrahim belakang Masjid Islamik Center dan berhasil dengan baik.
“Pohon kurma disebutkan di Al Quran sebagai pohon terbaik dari tanaman yang ada di bumi. Dari isyarat Allah dalam Al Quran tersebut, tanaman kurma menyimpan rahasia dan keistimewaan yang perlu dikaji dengan ilmu pengetahuan, dari study dan percontohan yang dilakukan ISQ, kurma memerlukan waktu tumbuh dan menghasilkan buah selama 30 bulan,” jelas Mustafa Umar.
Tertarik dengan keistimewaan dan nilai ekonomis kurma itu, beberapa tokoh masyarakat, pengusaha dan masyarakat Rokan Hulu, juga sudah mulai berkebun kurma, seperti, Drs Achmad, Nasrul Hadi, Ahmad Khudori, M.Zen dan lain lain. (Yus)
Sumber  : http://poskonews.com

Artikel Terkait