Wajib Di Coba !! Ternyata Ini Rahasia Membuat Tanaman Cabe Berbuah Lebat Selebat-­Lebatnya.....Silahkan Share..

Loading...

Bagaimanapun juga setiap petani serta pekebun tentu menginginkan hasil tanam cabenya lebih pr0duktif, tumbuh dengan baik serta subur, pastinya diinginkan bisa menghasilkan buah cabe yang banyak serta menguntungkan. 

Untuk menunjukkan harapan itu, jadi beberapa petani/pekebun seringkali mencari sumber 
referensi, baik yang ada di buku-buku spesial pertanian, majalah, koran, media audio-visu4l (youtube), dari radio elektronik, serta bahkan juga lewat media internet yang sedang anda buka sekarang ini. 

Kesempatan ini guruilmuan akan mencoba membahas mengenai bagaimana supaya tanaman cabe subur serta berbuah lebat, hingga akan mend0ngkrak pr0duktivit4s hasil panen yang begitu tinggi. 

1. Penentuan Lokasi Tanam Cabai 

Berdasar pada berbagi dengan petani cabe yang sudah lalu-lalang membudidaya tanaman cabe, beberapa petani itu yakini kalau pemilihan lokasi tanam cabai juga begitu memastikan tingkat kesuburan tanaman nanti, dan bagaimana tanaman tersebut bakal menghasilkan buah. 

Penentuan lokasi tanam harus juga sekaligus memperhitungkan terkait dengan kondisi iklim serta cuaca, jenis tanah serta pH (tingkat keasaman tanah), temperatur lingkungan, keadaan pencahayaan dari asal cahaya matahari. 

Style tanah yang baik untuk menanam cabe yaitu dengan tanah humus, tanah liat berpasir, tanah liar berl3mpung, tanah g4mbut, serta tanah-tanah andosol, serta tanah type grumosol. Dari tanah-tanah yang sudah dijelaskan itu sudah terdapat banyak unsur hara yang memanglah telah ada, tinggal nanti saat sistem penanaman serta perawatan bisa ditambahkan pupuk anorganik serta organik agar hasil budidayanya lebih optimal. 

Tetapi, berdasar pada pengalaman saya pribadi, bila saya harus pilih untuk menanam cabe memakai pot/wadah polybag serta di ruangan tertutup atau di ruangan terbuka seperti tempat persawahan, kebun, jadi sudah pasti saya semakin lebih pilih bercocok tanam cabe di daerah atau lokasi lingkungan terbuka seperti kebun serta tempat persawahan, lantaran dapat dibuktikan banyak yang berhasil untuk berbudidaya cabe di area tersebut . 

2. Pemilihan Bibit serta Faktor Semai 

K"suburan tanaman seperti tanaman jadi lebih k0k0h serta sehat, dan memiliki banyak daun di setiap ruas batangnya juga adalah pondasi awal untuk memperoleh tanaman cabe yang subur. Penentuan bibit juga jadi kunci dalam memastikan seberapa sehat tanaman serta untuk menghasilkan buah nantinya. 

Pastikan juga kalau bibit cabai yang anda beli harus juga dapat dibuktikan bebas dari penyakit, baiknya belilah bibit dari petani profesional atau di toko bibit yang legal dan 
telah sering dikunjungi banyaknya pekebun. 

3. Pemberian Nutrisi Hara
  
Untuk tumbuh kembang tanaman cabe, jadi unsur hara serta air butuh diberikan pada tanaman. Siramlah dengan teratur tanaman yang tengah dalam saat perkembangan, terlebih pada bibit tanam yang barusaja disemai atau dipindahkan ke wadah polybag serta di lahan bedengan. 

Nutrisi hara yang utama didapatkan dari tanaman cabe seperti pupuk kandang dari kotoran ternak yang sudah diferment4sikan/dikeringkan, atau bisa memakai larutan pupuk ph0nska cair yang dapat dibuktikan sudah dapat mend0ngkrak hasil panen cabe agar lebih gembel (lebat). 

Pemberian nutrisi hara ini mesti dikerjakan dengan teratur sesuai dengan juga usia tanam, serta jenis tanah di tempat penanaman. 

4. Lakukan Pengg3mburan Lahan serta Penyi4ngan 

Langkah ke empat ini dapat tidak bisa terlewati. Pada tempat tanam cabe yang di buat berbentuk bedengan memanjang tanpa ada mulsa plastik, baiknya kerjakan penyi4ngan/pembersihan rumput liar/gulma lewat cara dik0ret/dib4smi memakai herb!sida. 

Selain penyi4ngan, kerjakan juga sistem pengg3mburan lahan (pend4ngiran) agar akar tanaman cabe lebih cepat dalam menyerap unsur hara organik serta air dari atau didalam tanah. 

5. Lakukan Per3mpel4n Pada Tunas Aksiler 

Tanaman cabe seringkali dibagian ruas-ruas/ketiak batangnya selalu ditumbuhi oleh tunas-tunas aksiler yg tidak pr0duktif serta bikin tanaman lebih sedikit menghasilkan buah. 

Dengan membuang 2-3 tunas aksiler pada batang sampingan di tanaman cabe, sudah pasti hal semacam ini bakal dapat mer4ngs4ng tanaman cabe untuk segera menghasilkan buah yang banyak. 

Itulah tadi setidaknya ada 5 cara efektif supaya pohon cabe subur serta cepat menghasilkan buah yang gembel (banyak). Mudah-mudahan info itu berguna buat anda semua. Salam budidaya pertanian, mari menanam serta berkebun.

Artikel Terkait