Yuukkk, Buat Tahu Sendiri Di Rumah, Dijamin Lebih Enak dan Lebih Sehat!

Loading...

Cara Membuat Tahu Sendiri - Tahu apabila dikonsumsi sėtiap hari akan bėrakaibat baik untuk kėsėhatan, karėna tahu kaya akan vitamin pėnting yang di butuhkan olėh tubuh. Namun sayangnya ada bėbėrapa oknum pėnjual tahu yang nakal dalam mėnjajakan barang dagangannya mėmbėrikan bahan sėnyawa kimia yang cukup bėrbahaya misalnya formalin, supaya tahu yang di jualnya bisa lėbih awėt dan tėtap kėnyal, tėtapi hal itu dapat mėngancam kėsėlamatan jiwa untuk para konsumėn yang mėngkonsumsinya.

Cara Membuat Tahu Sendiri
Cara Membuat Tahu Sendiri

Meskipun khawatir akan hal itu, tetapi sebagian masyarakat seolah-olah tidak bisa lepas dari kebutuhan asupan tahu setiap harinya. Selain tahu rasanya enak dan terkandung gizi yang tinggi, olahan dari bahan kedelai ini harganya cukup hemat dan terjangkau.

Apabila bunda mau mengkonsumsi tahu yang sehat dan bebas pormalin, bunda bias mencoba bikin sendiri di rumah, sebab membuat tahu itu cukup mudah. Bundsay hanya perlu menyediakan bahan utamanya yaitu kedelai jenis apapun juga bisa, tetapi bunda harus pilih kedelai yang kualitas tinggi untuk hasil akhir yang memuaskan.

Resep Membuat Tahu Homemade yang sederhana. Selain kacang kedelai sebagai bahan utamanya, ada beberapa alat yang wajib bunda siapkan seperti blender, cetakan, kain dan pemberat. Untuk proses pembuatannya tergolong cukup singkat atau tidak memakan banyak waktu, bahkan tidak perlu harus menjadi koki profesional dalam membuat tahu yang kenyal dan enak ini.

Bahan-bahan:
1.       Kacang kedelai berkualitas sebanyak 500 gram
2.       Cuka salad sebanyak 4-5 sendok makan
3.       Air sebanyak 3 – 4 liter
Cara membuat tahu homemade sederhana
Pertama cuci sampai bersih 500g kacang kedelai lalu rendam semalaman suntuk.
Dari 500g kacang kedelai ini membutuhkan air sebanyak 3 sampai 4 liter. Setelah kacang kedelai di rendam semalaman segera buang air rendamannya lalu cuci lagi sampai bersih, kemudian haluskan menggunakan blender sedikit-sedikit bersama air. Utnuk takaran air harus 2x lipat lebih banyak dari kacang kedelai.
Setelah kedelai di blender selama 2 sampai 3 menit hingga menjadi susu kedelai lalu saring menggunakan kain kemudian tuangkan susu separonya saja supaya tidak susahan ketika merasnya nanti.
Peras kedelai yang telah di blender hingga tinggal ampasnya saja dan lakukan hal yang sama seterusnya dengan cara sama.
Rebus susu kedelai tadi hingga mendidih dan angkat dan tunggu sampai uap panasnya hilang, lalu tambahkan 4-5 sendok makan cuka kemudian tunggu hingga dingin dan menggumpal.
Persiapkan wadah berbentuk kotak yang bagian bawahnya berlubang dan lapisi dengan kain keju sebanyak 2 buah.
Tuangkan susu kedelai yang telah dingin dan menggumpal ke dalam wadah yang sudah di lapisi kain lalu tutup dan ratakan kain.
Setelah itu tumpangi permukaan wadah yang berisi adonan dengan wadah yang sama dan beri pemberat. Tunggu selama 40 menit.
Kini tahu homemade sederhana pun jadi dan siap untuk di masak sesuai selera.

Resep membuat Tahu ini aku jamin lebih sehat dan enak tentunya, untuk bunda olah menjadi beragam jenis masakan kesukaan bunda. Sekilas proses dalam pembuatan tahu ini tampak rumit, tetapi apabila bunda lakukan secara terus menerus semuanya akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Walaupun tidak secepat membeli "tahu jadi" di pasaran atau di market terdekat, tentunya rasa aman untuk kesehatan jauh lebih penting sebab tidak menggunakan senyawa kimia yang berbahaya.

Note : Untuk penggunaan cuka pada resep ini tidak boleh sembarangan harus menggunakan cuka salad. Apabila bunda kesulitan mencari cuka salad ini atau mau lebih hemat biaya, bunda bias ganti dengan perasan air jeruk lemon dengan komposisi sama. Ketika tahu yang bunda buat sudah jadi atau mengeras sampai membentuk cetakan, maka tahu sudah siap untuk bunda olah kembali menjadi hidangan lain sesuai selera..

Resep: Puji Astutik


Sumber : http://www.inirecipes.id/2016/04/resep-membuat-tahu-sendiri-di-rumah.html

Artikel Terkait