10 Kumpulan Jenis Makanan Kelinci - Pakan Alami untuk Kelinci yang Paling Disukai

Loading...

Apakah pakan alami untuk kelinci yang paling disukai? Kelinci membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Seperti kita ketahui, kelinci termasuk herbivora artinya binatang ini hanya mau memakan sayur-mayur. Kelinci mengandalkan insting dalam mencari makanan di habitat alaminya. Sedangkan untuk kelinci yang Anda pelihara, Anda bisa memberikannya daun, umbi, atau buah dari tanaman sebagai pakan utamanya. Usahakan jemur terlebih dulu sayuran tersebut untuk mengurangi kadar airnya.
Bagi Anda yang masih pemula dalam memelihara kelinci, kami mempunyai 10 ide pakan yang bisa Anda berikan kepada kelinci kesayangan Anda dan pastinya kelinci-kelinci tersebut akan sangat menyukainya.
  1. Rumput Timothy
Orang luar negeri biasanya menggunakan rumput timothy sebagai pakan utama kelinci yang dipeliharanya. Rumput timothy adalah sejenis rumput lapangan yang mempunyai ekor kucing di bagian atasnya pada saat berbunga. Rumput ini mengandung serat yang sangat baik bagi pertumbuhan kelinci serta tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Anda bisa memberikan rumput timothy dalam jumlah sebesar badan kelinci tersebut setiap hari.
pakan-untuk-kelinci.jpg
  1. Wortel
Wortel selalu disebut-sebut sebagai makanan terbaik untuk kelinci. Tidak salah memang sebab kelinci benar-benar menyukainya. Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk pertumbuhan kelinci. Sebaiknya Anda mengiris wortel tersebut menjadi potongan-potongan korek api sebelum diberikan ke kelinci agar mudah memakannya. Hati-hati terlalu banyak memberikan wortel bisa menyebabkan kelinci Anda terserang diare.
  1. Daun Kangkung
Para penghobi juga biasanya memberi pakan kepada kelinci peliharaannya berupa kangkung. Kangkung dapat dijumpai dengan mudah di tukang sayur dan harganya pun terbilang murah. Sebaiknya Anda menjemur kangkung ini terlebih dahulu sampai kondisinya agak kering. Barulah kemudian Anda bisa memberikannya secara aman kepada kelinci. Terlalu banyak menggunakan kangkung sebagai pakan kelinci akan mengakibatkan air seninya berbau sangat pesing.
  1. Daun Singkong
Daun singkong bisa Anda jadikan sebagai makanan selingan bagi kelinci. Daun ini memiliki kandungan vitamin A dan protein nabati yang melimpah. Anda sebaiknya hanya memakai daun singkong yang masih muda agar kelinci mau memakannya. Daun ini bisa Anda langsung berikan karena kadar air di dalamnya tidak terlalu banyak. Batasi pemberian daun singkong kepada kelinci sebab dapat membuat perutnya menjadi kembung.
  1. Daun Pepaya
Karena rasanya pahit, sebenarnya kelinci tidak terlalu menyukai daun pepaya. Tetapi Anda bisa memanfaatkan daun ini sebagai obat alami bagi kelinci yang kehilangan nafsu makannya akibat kondisi kesehatan yang memburuk. Tingginya zat besi yang terdapat pada daun pepaya juga disinyalir dapat mencegah kelumpuhan pada kelinci. Anda bisa mencampurkan daun pepaya bersama pakan yang lain agar kelinci mau memakannya.
  1. Daun Legetan
Pakan alami lain yang sangat disukai oleh kelinci ialah daun legetan. Pohon legetan biasanya tumbuh subur di kebun atau tegalan sebagai tanaman liar. Tanaman ini paling banyak dijumpai di ladang bekas penanaman jagung atau singkong. Daunnya memiliki aroma semerbak yang sangat disukai oleh kelinci dan mengundang untuk segera memakannya. Kelebihan lain dari daun legetan adalah aman dikonsumsi oleh kelinci dalam jumlah yang cukup banyak sekalipun.
  1. Daun Pisang
Jika kelinci Anda mengalami mencret akibat kekurangan serat di dalam sistem pencernaannya, Anda bisa menyembuhkan kelinci tersebut dengan memberikan daun pisang kepadanya. Petiklah daun pisang pada pagi hari, lalu jemur sampai sore hari dan berikan ke kelinci. Daun pisang yang notabene kaya akan kandungan serat ini seketika akan memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan oleh kelinci. Sebaiknya Anda hanya menjadikan daun pisang sebatas pakan alternatif saja.
  1. Daun Ubi Jalar
Sudah tidak diragukan lagi kalau kelinci sangat menyukai daun ubi jalar. Mereka akan melahapnya dengan rakus apabila Anda memberikan daun ubi jalar. Daun ubi jalar memiliki kandungan serat dan vitamin yang berlimpah. Kandungan air di dalamnya pun cukup tinggi. Itulah sebabnya, Anda wajib menjemur daun ini terlebih dahulu sampai kondisinya layu. Kemudian Anda bisa memberikan daun ubi jalar yang sudah layu tadi ke kelinci.
  1. Daun Rambanan
Daun rambanan tumbuh subur di tanah-tanah yang belum diolah. Ini merupakan salah satu gulma yang dibenci oleh petani sebab pertumbuhannya sangat cepat. Bentuk fisik tanamannya menyerupai tanaman kacang-kacangan yang tumbuh secara menjalar. Kabar baiknya adalah kelinci sangat menyukai daun rambanan sebagai makanannya. Daun ini juga tidak menimbulkan efek samping karena kandungan air di dalamnya tidak terlalu banyak.
  1. Daun Sawi
Anakan-anakan kelinci yang usianya kurang dari 5 bulan bisa Anda berikan pakan berupa daun sawi. Sayuran ini sangat disukai oleh kelinci yang masih kecil. Teksturnya yang lembut membuatnya aman dikonsumsi oleh kelinci-kelinci anakan. Namun Anda tetap harus menjemur daun sawi ini terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya. Sebisa mungkin jemurlah daun sawi ini di terik matahari langsung hingga kondisinya menjadi layu.

Artikel Terkait