5 Cara Unik Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Loading...

Bagaimana cara merawat pohon durian montong? Pohon durian montong dikenal mampu menghasilkan buah durian yang rasanya paling enak. Buah ini memiliki ciri-ciri yaitu rasanya lebih manis, daging buahnya tebal, ukuran bijinya kecil, dan kandungan airnya tidak terlalu banyak. Oleh sebab itu, buah durian montong selalu menjadi idola di pasaran. Walaupun harga buahnya lebih mahal sekitar Rp 40-70 ribu/buah, tetapi durian montong selalu laris manis.
Salah satu masalah umum pada tanaman durian adalah bunganya mekar pada waktu sore hingga malam hari. Hal ini mengakibatkan proses penyerbukan bunga durian menjadi tidak terlalu maksimal. Pada rentang waktu tersebut, hembusan angin tidak terlalu kuat. Serangga-serangga yang dapat membantu penyerbukan bunga pun jarang yang masih berkeliaran. Kebanyakan serangga sudah kembali pulang ke dalam sarangnya pada rentang waktu ini.
merawat-pohon-durian-montong.jpg
Ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk membantu tumbuhnya buah-buah durian, antara lain :
  1. Membantu Penyerbukan Buatan
Bunga durian pada umumnya akan mekar pada kondisi petang, yakni sekitar sore hingga malam hari. Akibatnya tidak banyak serangga yang dapat membantu proses penyerbukannya. Selain itu, matangnya serbuk sari dan kepala putik pun tidak terjadi secara bersamaan. Anda bisa membantu proses penyerbukan ini supaya berhasil. Caranya sapukan kuas halus pada bunga-bunga durian satu per satu. Hal ini akan mendukung penyerbukan bunga durian tersebut.
  1. Berikan Pupuk Penguat Buah
Jangan biarkan buah-buah durian yang masih berukuran kecil berguguran. Anda harus memberikan pupuk tambahan guna mendukung kekuatannya. Buah yang sejatinya merupakan bakal buah ini memang rawan mengalami kerontokan, terutama jika tumbuh di luar musim. Guna menjaga agar buah durian tidak berguguran, Anda dapat memberikan pupuk NPK yang ditambah pupuk penguat buah. Berikanlah pupuk-pupuk ini pada saat usia buah durian mencapai 10 hari.
  1. Lakukan Penjarangan Buah
Ada baiknya Anda menumbuhkan buah dalam jumlah yang sedikit tetapi ukurannya besar-besar daripada buah duriannya banyak namun berukuran kecil. Sebab harga buah durian yang besar jauh lebih mahal. Di sinilah pentingnya proses penjarangan buah dengan menyingkirkan buah-buah durian yang berkualitas kurang baik. Misalnya buah yang bentuknya tidak sempurna, mengalami cacat, atau berpenyakit. Proses ini dilakukan ketika diameter buah sudah mencapai 5 cm. Usahakan jarak buah yang satu dengan buah lainnya lebih dari 30 cm.
  1. Bersihkan Gulma yang Tumbuh
Gulma bisa menjadi pesaing bagi akar pohon durian untuk mendapatkan nutrisi dan air yang terkandung di dalam tanah. Gulma-gulma ini juga dapat menjadi sarang berbagai virus dan bakteri sumber penyakit pada tanaman durian. Anda harus membersihkan gulma tersebut secara rutin. Proses pengendalian gulma ini bisa dilaksanakan melalui metode kimiawi atau mekanis. Pastikan area di sekitar pokok batang tanaman durian bersih dari gulma seperti rumput dan teki-tekian.
  1. Sirami Lebih Banyak Air
Pada saat pohon durian sudah menumbuhkan bunga, maka kebutuhan akan airnya meningkat tajam. Bahkan tingkat kebutuhan tersebut mencapai 100-300 liter/pohon. Anda harus memenuhinya agar bunga bisa berkembang dengan baik menjadi buah durian. Anda perlu menyiraminya sebanyak dua kali per hari setiap pagi dan sore hari. Namun usahakan air siraman ini tidak menggenangi area di sekitar pohon durian.

Pencarian Terkait:
cara menanam durian montong agar cepat berbuah, umur durian montong berbuah, berapa lama durian montong berbuah, cara menanam pohon durian pendek, pupuk durian montong, jarak tanam durian montong, agar pohon durian tidak tinggi, cara menanam durian dari biji,
cara merawat pohon durian yang masih kecil, cara merawat pohon durian yang sedang berbunga, cara merawat bunga durian agar tidak rontok, merawat pohon durian, cara merawat pohon durian agar berbuah lebat, merawat durian, cara merawat durian musang king, cara merawat durian montong agar cepat berbuah,cara merawat buah durian agar tidak rontok,merawat durian montong,perawatan durian musang king,merawat tanaman durian,merawat bibit durian,merawat pohon durian agar cepat berbuah,merawat durian agar cepat berbuah,cara merawat durian yang sedang berbunga,perawatan pohon durian saat berbunga

Artikel Terkait