Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Rajin

Loading...

Rahasia Cara Melatih Agar Membuat Lovebird Bisa Ngekek Panjang- Kalau sudah bicara tentang burung Lovebird, kebanyakan kicau mania pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara membuat Lovebird ngekek panjang. Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan para kicau mania karena membuat Lovebird ngekek panjang itu tidak semudah yang dibayangkan. Semua cara merawat Lovebird akan ditempuh, yang penting Lovebird bisa ngekek panjang. Nah, cara-cara yang paling sering dilakukan kicau mania antara lain, membuat racikan pakan Lovebird, membuat ramuan Lovebird, hingga memaster Lovebird dengan suara masteran burung lainnya.

Lalu bagaimana cara merawatnya biar lovebird ngekek panjang ?. Sebelum masuk ke inti permasalahan, sebaiknya ketahui dulu asal usul dari burung cinta ini. Burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang berarti "burung"). Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial.

Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies "burung cinta kepala abu-abu" berasal dari Madagaskar. Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang burung cinta akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung cinta adalah monogami di alam bebas. Umur hidup rata-rata mereka adalah 10 sampai 15 tahun. Nah berikut ini cara-cara yang paling sering dilakukan kicau mania agar si burung cinta ini bisa gacor ngekek dengan durasi yang panjang seperti lovebird kusumo antara lain:

https://miefbird.blogspot.com/2018/03/cara-membuat-lovebird-ngekek-panjang.html
 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Cara Perawatan Agar Membuat Lovebird Ngekek Panjang


1. Pengembunan

yang pertama habis solat subuh (jam 04:30), Lovebird Kusumo selalu menjalani terapi pengembunan. Terapi ini dilakukan hingga matahari terbit. Setelah pengembunan selesai, Lovebird Kusumo disemprot sedikit sambil diletakkan di teras depan rumah. Ingat ya, pada saat penyemprotan, Lovebird harus berada di bawah bukan digantung.

Oleh sebab itu, Anda juga harus mewaspadai adanya serangan hewan lain, seperti kucing, tikus, ular, dan lain-lain. Jika ingin aman, Anda bisa membaca sedikit ulasan tentang Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing.

2. Pakan harian Lovebird

Ketika ditanya soal Makanan Lovebird yang diberikan ke Kusumo, H. Sigit WMP mengatakan bahwa Lovebird Kusumo diberi pakan milet putih. Kemudian, kalau selesai lomba biasanya Lovebird Kusumo diberi bayam agar kondisi tubuhnya tetap bugar dan prima. Bayam diberikan dalam bentuk lembaran daun utuh dan dikaitkan di dalam sangkar. Sebelum diberikan, bayam harus dicuci bersih.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bayam untuk burung peliharaan? Manfaat bayam sangat banyak sekali, H. Sigit WMP sempat sesumbar bahwa Lovebird Kusumo bisa mengikuti 8 kelas lomba sekaligus karena mengonsumsi bayam. Tak hanya itu, ada lagi beberapa manfaat bayam.

Manfaat bayam untuk meningkatkan performa Lovebird

-    Kandungan zat besi yang tinggi dan asam folat pada bayam membuat Lovebird Kusumo tak pernah lelah mengikuti lomba burung.

-    Kandungan serat tinggi pada daun bayam sangat efektif untuk melancarkan pencernaan dan membuat Lovebird Kusumo percaya diri saat tampil di perlombaan.

-    Kandungan nutrisi dalam bayam akan meningkatkan kemampuan memori dan mengingat otak lebih baik. Hal ini pula yang menyebabkan Lovebird Kusumo mempunyai kemampuan ‘menghafal’ dengan baik saat mengikuti instruksi latihan jelang lomba.

-    Bayam mengandung vitamin A dan Lutein yang dapat menutrisi organ mata dan mencegah penurunan kemampuan penglihatan. Hal ini yang menyebabkan Lovebird Kusumo bisa memantau dengan jelas siapa saja lawan-lawannya saat lomba.

-    Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam akan menguatkan tulang, sekaligus mencegah osteoporosis. Maka tak heran, Lovebird Kusumo selalu tahan lama saat nangkring di perlombaan sambil ngekek panjang tiada henti.


3. Ritual mandi Lovebird

Cara Yang ketiga Perawatan Lovebird Ngekek Panjang Kusumo dimandikan di keramba, jadi tidak disemprot menggunakan sprayer seperti kebanyakan Lovebird lainnya. Selain itu, Lovebird Kusumo juga mempunyai ritual mandi yang cukup unik, yakni mandi malam dan mandi hujan.

Untuk mandi hujan, H. Sigit WMP akan membiarkan Lovebird Kusumo kehujanan hingga 10-20 menit (intensitas hujan rintik-rintik hingga sedang). Nantinya, Lovebird tersebut akan meminta dimasukkan ke dalam rumah jika sudah merasa cukup main hujan-hujanan.

H. Sigit WMP yang berasal dari Klaten ini juga sudah tahu kebiasaan Lovebird Kusumo. Pokoknya, kalau Lovebird Kusumo sudah mulai berkicau, itu tandanya dia sudah selesai bersenang-senang dengan hujan dan dia minta segera dimasukkan ke dalam rumah. Setelah hujan-hujanan jangan lupa untuk membilas burung Anda dengan air bersih dan biarkan sejenak hingga bulu-bulu Lovebird mengering.

4. Lovebird digantung di dalam rumah

Dulu, Lovebird Kusumo tidak menyukai suasana di malam hari. Oleh sebab itu, penampilannya kurang maksimal. Tapi sekarang sudah tidak lagi setelah H. Sigit WMP membiasakan Lovebird Kusumo digantung di dalam rumah sambil diterangi sedikit cahaya lampu.

5. Pemasteran

Agar Lovebird ngekek panjang, sebagian kicau mania menerapkan latihan vokal pemasteran. Dengan pemasteran suara kicau burung lain, otomatis Lovebird akan merekam dan meniru suara tersebut. Lama-kelamaan, Lovebird menjadi terlatih dan terbiasa berkicau mirip dengan kicauan burung yang sering dia dengarkan.

Mengetahui hal ini, sejak masih anakan (Lovebird), Anda harus memaster Lovebird menggunakan suara burung yang mempunyai kapasitas suara dan volume yang panjang. Nah, beberapa suara masteran yang baik untuk Lovebird antara lain, belalang emas, Kenari, Cililin, Cucak Jenggot, Tengkek Buto, dan Ciblek Gunung.

Demikian beberapa  Rahasia Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang seperti perawatan Lovebird Kusumo. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait