Cara Memperoleh Bakalan Bonsai dari Alam

Loading...

Bagaimana cara memperoleh bakalan bonsai dari alam? Bonsai adalah seni dalam memelihara tanaman agar tumbuh dengan bentuk yang lebih indah sesuai apa yang kita kehendaki. Seni ini muncul dari Jepang sejak ratusan tahun yang lalu dan kini telah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Ada begitu banyak pencinta tanaman bonsai di sini. Semakin indah rupa suatu bonsai membuat nilainya semakin tinggi dan harganya pun semakin mahal.

Pada zaman dahulu, orang-orang menumbuhkan bonsai sejak dari bijinya. Mereka begitu telaten dalam memelihara bakal bonsai tersebut. Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk membuat bonsai dari biji ini sangat lama, tetapi keunggulannya Anda bisa benar-benar mengatur pertumbuhan tanaman. Alternatif lainnya Anda bisa berburu bakalan bonsai dari alam berupa tanaman-tanaman yang tumbuh secara liar.
cara-memperoleh-bakalan-bonsai.jpg
Jangan salah sangka dahulu. Anda bisa mendapatkan bakalan bonsai yang berkualitas tinggi di alam apabila mencarinya dengan sungguh-sungguh. Kali ini kami akan berbagai panduannya!

Langkah 1. Tentukan Lokasi Perburuannya
Pada dasarnya, harta karun berupa bakalan bonsai bisa Anda temukan di tempat-tempat yang jauh dari kehidupan manusia. Semakin Anda mencarinya di tempat pelosok, maka peluang memperoleh bakalan bonsai yang bagus semakin besar. Anda bisa mencoba mencarinya di hutan belantara, pegunungan, bangunan-bangunan tua, daerah aliran sungai, muara pantai, dan sebagainya. Bahkan di tempat-tempat pembuangan sampah pun terkadang Anda bisa menemukannya.

Langkah 2. Siapkan Perjalanan dengan Matang
Perjalanan mencari bakalan bonsai tidak ubahnya seperti berburu harta karun. Anda akan melewati medan-medan berbahaya di sini. Bukan tidak mungkin Anda juga bakal mengalami kesulitan di tengah perjalanan. Namun justru di situlah salah satu letak keasyikannya. Pastikan Anda menyiapkan perjalanan tersebut dengan baik. Kenakan pakaian yang lengkap untuk melindungi tubuh. Jangan lupa oleskan pula lotion anti-nyamuk. Kemudian bawalah peralatan kebun yang pasti akan Anda butuhkan.

Langkah 3. Pergi di Waktu Pagi atau Sore Hari
Berburu bakalan bonsai paling tepat waktunya dilakukan saat pagi atau sore hari. Alasannya pada waktu-waktu tersebut sinar matahari tidak terlalu terik sehingga membuat Anda tidak merasa kepanasan di tengah perjalanan. Selain itu, bakalan bonsai yang telah Anda ambil pun lebih aman. Sebelumnya kami peringatkan, usahakan mengambil tanaman saat mentari tidak terlalu terik sehingga tanaman tidak mati di perjalanan.

Langkah 4. Ambil Bakalan Bonsai yang Cocok
Anda harus jeli dalam memperhatikan kondisi sekeliling sebab bakalan bonsai selalu berada di tempat yang tersembunyi. Untuk tanaman yang masih berukuran kecil, Anda bisa mengambil seluruh tanaman tersebut beserta akarnya. Bongkarlah bagian akarnya dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan. Jika sulit, Anda bisa menyiraminya dengan air terlebih dahulu. Sedangkan bila bagian tanaman yang bagus cuma cabang atau rantingnya, Anda bisa mengambil dengan metode stek batang atau cangkok.

Langkah 5. Segera Tanamkan ke Polybag
Kalau Anda ingin mencari ikan hidup tentunya Anda harus segera memindahkan ikan yang telah berhasil ditangkap ke dalam ember yang berisi air. Sama halnya pula dengan tanaman. Jika Anda ingin tanaman yang akan menjadi bakalan bonsai tersebut tetap hidup, Anda harus segera menanamkannya ke dalam polybag yang telah dibawa. Sebelumnya masukkan campuran pasir malang dan pupuk kompos sebagai media tanamnya ke polybag. Lalu segera tanamkan bakalan bonsai tadi ke dalamnya.

Langkah 6. Pindahkan ke Tanah Langsung
Jangan biarkan tanaman Anda tetap tertanam di polybag. Hal ini akan membuatnya sulit beradaptasi. Alangkah baiknya setelah sampai di rumah, Anda cepat memindahkan tanaman tadi dengan menanamkannya langsung ke tanah. Dengan demikian, bakalan bonsai yang telah berhasil Anda dapatkan memiliki potensi yang lebih besar untuk tetap hidup dan tumbuh. Waktu pemindahan yang paling baik adalah pagi atau sore hari ya. Sebelumnya Anda harus menyiapkan dahulu lahan tanah yang akan ditanami bakalan bonsai ini.

Artikel Terkait