Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah

Loading...

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah – Sebagai salah satu buah-buahan asli negara tropis, buah durian memang salah satu buah yang menggiurkan untuk ditanam secara pribadi. Maka ketika musim durian datang, hasil panen buahnya bisa dikonsumsi sepuas-puasnya oleh anggota keluarga atau bahkan dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan tersendiri. Namun sebelumnya, perlu diketahui secara detail mengenai cara merawat durian sehingga cepat berbuah dan melimpah panennya.

Sebelumnya kami juga telah membahas mengenai cara menanam durian sehingga cepat berbuah. Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel tersebut dan lebih fokus pada pembahasan cara merawat setelah bibit berhasil ditanam. Ingin tahu apa saja kiat-kiat dan cara merawat durian agar cepat berbuah? Mari simak bersama-sama.

Cara Menaman Durian

Pilihlah bibit durian sesuai jenis yang akan anda tanam. Untuk memlih jenis durian yang akan anda tanam bisa anda baca artikel Beberapa jenis durian unggul yang sangat bagus untuk dibudidayakan. slain jenis, pilihlah bibit durian dari perbanyakan secara grafting seperti okulasi atau sambung, untuk cangkok durian kami kurang menyarankan.
Secara singkat, durian harus ditanam pada ketinggian 500-800 mdpl, dengan temperatur 23-30oC, dan curah hujan 1500-2500 mm per tahun. Media tanah terbuat dari tanah andosol, latosol, atau tanah podsolik merah kuning, dengan pH 6-7. Setelah itu, tanah terlebih dahulu digemburkan dan dicampur pupuk kandang kemudian barulah bibit ditanam. Untuk lebih jelasnya terkait cara menanam bibit durian yang baik dan benar bisa anda baca artikel cara tepat menanam durian.

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah

Untuk merawat durian agar cepat berbuah, sebetulnya akan ada dua masalah yang dihadapi oleh para pecinta bercocok tanam. Apalagi untuk menumbuhkan buah di luar musimnya, tantangannya ada dua. Pertama, bunga durian mekar di sore dan malam hari, sementara serangga tidak melakukan penyerbukan di waktu tersebut.
Kedua, bunga durian tidak bisa muncul serentak, padahal dibutuhkan serbuk sari dan kepala putik bunga yang matang bersama-sama untuk tumbuh sebuah buah durian. Maka teknik utama cara merawat durian agar cepat berbuah adalah melakukan penyerbukan buatan, yaitu dengan menyapukan kuas pada bunganya yang mekar saat malam hari.
Untuk merawat durian agar cepat berbuah, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu:

Penyiraman pohon durian

Lakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Ketika musim kemarau datang, baiknya sehari minimal pohon disiram dua kali. Namun jika sedang musim hujan, pastikan saja tanahnya teta[ basah. Jika sudah ada bunga dan buah yang muncul, penyiraman harus dengan frekuensi lebih intensif lagi, namun jangan sampai air menggenang sehingga menyebabkan akar membusuk. Begitu pula halnya setelah panen. Agar lebih cepat berbuah, pohon memerlukan banyak air yang digunakan untuk melepas stress sehabis berbuah.

Penyiangan gulma Durian

membersihkan rumput gula
pohon durian yang bersih dari gulma
Pohon durian juga sangat mungkin dikelilingi dengan gulma dan rumput-rumputan di sekitarnya, yang bisa menyerap nutrisi yang sebetulnya ditujukan untuk pohon durian. Untuk itu, secara rutin cangkullah tanah di sekeliling pohon agar gulma tersebut tak berkutik lagi mencuri nutrisi durian.

Pemupukan pohon durian

teknik pemupukan pohon durian
memberikan pupuk pada pohon durian
Berilah pupuk secara rutin, bisa menggunakan pupuk organik seperti kotoran kambing yang sudah difermentasi, menggunakan pupuk kimia seperti NPK atau di kolaborasikan. Untuk pupuk organik 2 bulan sekali paling efektif sedangkan untuk pupuk kimia 4 bulan sekali paling efektif. Selain itu pupuk daun juga sangat membtu kecepatan pohon durian berbuah. Salah satu pupuk daun yang sangat cocok untuk anda gunakan adalah Grow More, kami menyediakan pupuk ini bila anda berkeinginan untuk memndapatkannya. Pupuk dengan merk ini sangat terbukti pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman.

Merawat Bunga Durian

bunga durian tidak rontok
bunga durian mekar sempurna
Kasus yang paling sering terjadi saat menanam durian adalah bunga yang mudah rontok, sehingga pohon tak kunjung berbuah. Oleh karenanya, jika sudah ada bunga yang bermunculan, disarankan pohon diberikan juga pupuk NPK dengan dosis P (pospor) lebih tinggi dan pupuk penguat buah. salah satu produk obat agar bunga tidak rontok yang kami sediakan adalah Gandasil B. Selain menjadikan buah tidak mudah rontok, juga mampu membuat kwalitas buah lebih bagus.
pupuk gandasil b
pupuk gandasil b agar bunga tidak mudah rontok

Seleksi Buah Durian Durian

Memang Anda menginginkan panen yang banyak dan melimpah, namun buah yang terlalu lebat juga tak baik, sebab dapat mengundang penyakit pada tanaman. Maka setelah bakal buah terbentuk, Anda perlu menyeleksi bakal buah terbaik. Optimalnya, buah yang terlihat layu atau memiliki hama penyakit langsung disingkirkan. Jarak buah yang satu dan yang lainnya paling ideal adalah sekitar 30 cm.
Demikianlah cara merawat durian agar mudah berbuah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam sendiri durian di pekarangan rumah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan bibit durian terbaik, silakan memesan melalui Bibitbuahku.com, atau Anda bisa juga menghubungi customer service kami melalui nomor 0857 4385 2768 untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut. Selamat bercocok tanam!

pencarian terkait :
cara merawat pohon durian yang masih kecil, cara merawat pohon durian yang sedang berbunga, cara merawat bunga durian agar tidak rontok, merawat pohon durian, cara merawat pohon durian agar berbuah lebat, merawat durian, cara merawat durian musang king, cara merawat durian montong agar cepat berbuah,cara merawat buah durian agar tidak rontok,merawat durian montong,perawatan durian musang king,merawat tanaman durian,merawat bibit durian,merawat pohon durian agar cepat berbuah,merawat durian agar cepat berbuah,cara merawat durian yang sedang berbunga,perawatan pohon durian saat berbunga,agar pohon durian tidak tinggi, cara merawat pohon durian yang masih kecil, cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian, cara menanam pohon durian pendek, jenis durian yang cepat berbuah, berapa lama durian montong berbuah,cara menanam durian, pupuk buah durian

Artikel Terkait