Tips Agar Ayam Cepat Gemuk Begini Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif Agar Cepat Besar

Loading...

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif Agar Cepat Besar- Pakan Ayam Kampung. Artikel yang terkait dengan pakan ayam di google adalah pakan ayam, cara membuat pakan ayam bangkok, pakan unggas fermentasi, cara membuat pakan ayam pedaging, cara membuat pakan unggas organik, pakan alternatif untuk unggas pedaging, cara membuat pakan ternak, macam macam pakan ternak unggas, cara membuat pur dll.

Pakan adalah makanan atau asupan (semua bahan pakan) yang diberikan kepada hewan ternak atau hewan peliharaan, istilah ini berawal dari bahasa Jawa, pengertian pakan sendiri adalah sumber energy dan misteri bagi masa pertumbuhan dan kehidupan untuk makhluk hidup. Tidak seperti yang banyak orang ketahui bahwa sebenarnya ayam memiliki banyak varian pakan yang wajib kalian berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebagian besar biaya produksi ternak ayam pedaging digunakan untuk pembelian pakan. Anggaran pembelian pakan ayam menghabiskan antara 60-70%.

Saat ini dipasaran banyak sekali pakan ayam yang siap pakai. Dari yang berharga murah hingga yang mahal semua tersedia. Tinggal kita mau memilih yang mana, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Selain praktis, dengan membeli kita tidak membuang waktu banyak. Namun membuat pakan alternatif untuk ayam selain menghemat biaya pengeluaran kita juga bisa membuat ayam kita sehat dan cepat besar. Cara ini mudah dilakukan.


Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif Agar Cepat Besar


Dalam pembuatan pakan alternative untuk ayam kampung ini terdiri dari dua bahan. Yaitu bahan utama dan bahan tambahan. Bahan-bahan tersebut biasanya banyak ditemukan di area sekitar tempat tinggal. Sehingga kita tidak perlu khawatir dalam mencarinya. Dan berikut kami ulaskan untuk anda bahan yang digunakan untuk membuat pakan alternative untuk ayam kampung:


Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif Agar Cepat Besar



Bahan Pembuatan Pakan Ayam Kampung



Beras Dolog

Beras dolong atau beras catu juga bisa anda untuk membuat pakan alternative karena biasanya harga nya lebih murah di bandingkan beras lain nya.

Dedak Bekatul

Untuk dedak bekatul ini, anda bisa menggunakan dedak yang memiliki kualitas sedang atau bahkan kualitas yang bagus. Ukuran dari dedak kualitas sedang sendiri adalah dedak yang tidak terlalu halus ataupun dedak yang tidak terlalu kasar.

Tepung Tulang

Tepung tulang sebenarnya tidaklah wajib dalam pembuatan pakan alternative ini, namun untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda harus menggunakan nya agar nutrisinya dapat terpenuhi dan tetap terjaga.

Jangan lupa untuk sebelumnya memilih bahan pakan yang bagus jika anda ingin membuat pakan alternative yang bagus untuk ayam anda. Jika bahan yang digunakan bagus, maka kualitas daging ayam dan juga kesehatan nya juga akan terjaga.

Pohon Talas

Pohon talas memang bisa anda gunakan untuk pakan ternak ayam kampung, anda tentu dengan mudah bisa menemukan bahan yang satu ini karena memang banyak sekali tumbuh di daerah sekitar.

Apalagi ketika musimnya datang. Anda bisa menggunakan umbinya saja, daun dan tangkainya saja atau bahkan anda bisa mencampurnya menjadi satu, hal itu tinggal sesuai keinginan anda saja.


Langkah-langkah Cara Membuat Pakan Ayam Kampung

Setelah anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang akan anda pakai untuk membuat pakan alternative untuk ayam kampung tersebut, anda bisa melakukan proses pembuatan nya dengan mengikuti langkah-langkah nya berikut ini:


  • Giling umbi talas dan daun nya hingga menjadi bagian kecil – kecil.
  • Setelah umbi tersebut sudah digiling, anda bisa mencampurkan semua bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti beras dolog, dedak, dan tepung tulang menjadi satu dalam mesin mixer.
  • Kemudian tambahkan air secukupnya dan rebus sampai semua bahan hancur dan tercampur dengan rata.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan takaran bahan tersebut sebelum anda mencampurnya menjadi satu, untuk membuat pakan sebanyak 2 kg, anda harus menggunakan 1 kg umbi talas, ½ kg beras dolog, ½ kg dedak.
  • Untuk tepung tulang hanya 1 sendok makan saja atau anda bisa menambahkan nya sesuai keinginan anda.
  • Bila sudah tercampur dengan rata, anda bisa mengangkatnya dan dinginkan. Kemudian jika sudah dingin, anda bisa langsung memberikan nya pada ayam anda.
  • Bagaimana cukup mudah kan untuk membuat pakan ayam alternatif untuk ayam kampung. Tips untuk penggunaan pakan alternative ini tidak bisa diberikan 100% dalam seharinya.


Source: pakan ayam, cara membuat pakan ayam bangkok, pakan unggas fermentasi, cara membuat pakan ayam pedaging, cara membuat pakan unggas organik, pakan alternatif untuk unggas pedaging, cara membuat pakan ternak, macam macam pakan ternak unggas, cara membuat pur


Demikian info mengenai Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif Agar Cepat Besar  yang dapat disampaikan dan semoga info tentang pakan ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait