Inilah Aplikasi Android Terbaru Hidroponik Untuk Pemula

Loading...

Hidroponik merupakan teknik menanam tanpa menggunakan tanah sebagai sumber unsur hara yang menunjang pertumbuhan tanaman. Pada sistem hidroponik, sumber dari unsur hara di sediakan dengan media air, dengan kata lain, pertanian dengan metode hidroponik merupakan bertanam dengan menitik beratkan kepada pemberian unsur hara secara optimal dengan media air. Dengan demikian pertumbuhan tanaman akan menjadi optimal.
Di era modern sekarang ini banyak kemanjuan di berbagai bidang, misalnya bidang telekomunikasi. Sekarang semua orang mempunyai smartphone android yang tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi seperti sms dan telfon. Begitu juga di perkotaan, gedung-gedung, perumahan berkembang sangat pesat namun dengan konsekuensi berkurangnya lahan hijau atau lahan pertanian. Dengan kondisi seperti sekarang ini perlu mencari solusi agar pertanian tidak menghilang di bumi ini karena tidak bisa di bayangkan jika tanaman di bumi ini punah, bumi juga akan punah.
Salah satu solusi terbaik adalah mengenalkan pertanian dengan metode hidroponik. Hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas, maka dari itu pertanian dengan metode ini perlu di perkenalkan ke masyarakat khususnya di daerah perkotaan mengingat lahan pertanian semakin berkurang.
Maka kini hadir aplikasi berbasis android terbaru untuk memperkenalkan pertanian dengan metode hidroponik untuk pemula. Aplikasi ini bisa anda unduh di playstore dengan nama "Pengenalan Bertanam Hidroponik" atau bisa di unduh di sini
Oke mari kita ulas aplikasi ini.












Tampilan aplikasi saat pertama kali di buka.












Halaman menu utama, di sini terdapat berbagai tombol menu diantaranya adalah :
  1. Tombol Menu Quotes Hidroponik Hari Ini yang terdapat pada pojok kiri sebalah atas, jika tombol ini  ditekan maka akan keluar Quotes tentang fakta-fakta hidroponik. Quotes ini akan keluar secara acak setiap kali tombol ini ditekan. Ini diharapkan akan memberi pengetahuan tentang hidroponik. 
  2. Tombol Info yang terdapat pada pojok kanan atas, jika tombol ini ditekan akan menampilkan informasi si pembuat.
  3. Tombol Close "X" yang terdapat pada pojok kanan bawah, tombol ini berfungsi untuk keluar dari aplikasi.
  4. Tombol Hidroponik, jika tombol ini di tekan akan mucul sub menu seperti gambar di bawah ini. Tombol "Pengertian Hidroponik " berisi tentang pengertian hidroponik secara umum dan pengertian jenis-jenis media tanaman yang sering digunakan seperti, rockwoll, arang sekam dan sebagainya. Pada tombol " Kelebihan dan kekurangan " berisi tentang kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik menurut ahli. Pada tombol " Sistem Hidroponik " berisi tentang penjelasan tentang sistem hidroponik dan macam-macamnya. Kemudian yang terakhir adalah tombol "Artikel Hidroponik " berisi tentang artikel hidroponik online dari berbagai sumber.



  5. Tombol Tips dan Trik berisi tentang tutorial-tutorial yang dapat di contoh untuk memulai berhidroponik khususnya untuk pemula.




  6. Tombol " Alat Bantu ", tombol ini berisi tentang penjelasan alat-alat bantu standar dalam berhidroponik seperti, TDS & EC Meter, pH Meter dan Pompa Aquarium.
  7. Tombol "pH dan ppm ", tombol ini berisi tabel EC, ppm dan pH kebutuhan sayuran hidroponik yang sering di tanam dan terdapat trik untuk mengukur EC atau ppm tanpa alat bantu TDS&EC Meter.
  8. Tombol " Simulasi " berisi tentang simulasi cara menyemai benih dan cara membuat larutan stok abmix yang di kemas sedemikian rupa dengan sistem drag dan drop. Serta di lengkapi dengan Game Puzzle sederhana yang tersedia secara acak setiap levelnya, hal ini bertujuan menghindari permainan yang sama di setiap levelnya.





Itulah penjelasan singkat tentang aplikasi ini. Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis di playstore dengan nama " Pengenalan Bertanam Hidriponik " atau bisa di unduh di sini. Aplikasi ini 100% GRATIS dan tidak di sisipi iklan apapun. Karena aplikasi ini dalam tahap pengembangan, mohon partisipasinya dari anda untuk mengisi kuesioner tentang aplikasi ini di sini. Saya berharap aplikasi ini bermanfaat bagi orang banyak. Terimakasih.

*NB
Terimakasih untuk pemilik Web/blog yang saya gunakan untuk sumber di menu "Artikel HIdroponik " Semoga artikel-artikel anda bermanfaat bagi banyak orang dan dapat menjadi sumber pahala untuk anda. Saya tidak mendapat keuntungan apapun dari aplikasi ini kecuali untuk menjadi project akhir Study saya, dan saya berharap aplikasi ini bisa bermanfaat untuk orang banyak.



Artikel Terkait